Peran Orang Tua dalam Membentuk Kesehatan bagi Bayi dan Balita

oleh
Peran Orang Tua dalam Membentuk Kesehatan bagi Bayi dan Balita

Peran Orang Tua dalam Membentuk Kesehatan bagi Bayi dan Balita

Kesehatan bagi Bayi dan Balita merupakan syarat utama dan jaminan hidup yang utuh dan bahagia bagi setiap orang dan banyak pelajaran pengetahuan mengklaim bahwa kebanyakan orang, jika mereka memiliki gaya hidup sehat dapat hidup hingga lebih lama.

Jelas, kesadaran akan fakta Kesehatan bagi Bayi dan Balita masih dalam masa pertumbuhan dan sebagai akibatnya, orang tidak mengikuti norma dan aturan paling sederhana dari gaya hidup sehat. Setiap tahun semakin banyak orang secara aktif mempersingkat hidup mereka dengan kecanduan alkohol dan merokok, atau bahkan lebih buruk lagi obat-obatan.

Kesehatan bagi Bayi dan Balita adalah yang Utama

Kesehatan bagi Bayi dan Balita berada dalam kelompok kesehatan yang nyata. Tiga penyakit utama yang terbentuk selama tahun-tahun sekolah adalah gangguan postur (skoliosis), penurunan ketajaman visual dan penyakit pencernaan (penyakit saluran pencernaan).

Di antara penyakit akut di sekolah, pilek dan penyakit usus mendominasi, hal ini juga tidak menurun dan tetap cukup tinggi dengan beberapa pasang surut. Sangat penting bagi sekolah adalah kelangsungan orang tua dan sekolah, minat orang tua dalam menciptakan lingkungan sehat.

Pembentukan Kesehatan bagi Bayi dan Balita harus dimulai dengan kelahiran sejak dini, agar dia mengembangkan sikap sadar terhadap kesehatannya. Kondisi di mana arah pembentukan kepribadian Bayi dan balita, serta kesehatannya, tergantung pada keluarga.

Bahkan pada usia sekolah dini, seorang anak belum dapat secara sadar dan memadai mengikuti norma-norma dasar kebersihan dan sanitasi, memenuhi persyaratan gaya hidup sehat, menjaga kesehatan mereka sendiri dan kesehatan orang lain.

Semua ini peran orang tua dalam membentuk Kesehatan bagi Bayi dan Balita untuk mengembangkan sedini mungkin keterampilan dan kebiasaan Bayi dan balita yang berkontribusi pada pelestarian kesehatan mereka.

Tentu saja, Kesehatan bagi Bayi dan Balita secara langsung tergantung pada kondisi kehidupan dalam keluarga, literasi kesehatan, budaya kebersihan orang tua dan tingkat pendidikan mereka.

Apa yang Ditanamkan pada Seorang Bayi dan Balita Sejak Kecil dalam Keluarga?

Kesehatan bagi Bayi dan Balita menentukan semua perilakunya selanjutnya dalam kehidupan, sikap terhadap dirinya sendiri, kesehatannya dan kesehatan orang-orang di sekitarnya. Aturan pertama menjaga kesehatan adalah kebersihan, sebagai pencegahan dari semua penyakit menular, virus, dan parasit.

Menurut statistik Organisasi Kesehatan Dunia, sekitar 5 juta orang meninggal karena infeksi usus setiap tahun. Tindakan pencegahan utama adalah kepatuhan terhadap aturan kebersihan dalam keluarga.

Pemanasan global yang cepat memenuhi jaringan pembuangan limbah lokal, limbah memenuhi ruang terdekat dari wilayah rumah dan bahkan lembaga Bayi dan balita. Secara alami, pertumbuhan penyakit usus meningkat, terutama di antara populasi Bayi dan balita.

Peran Orang Tua dalam Membentuk Kesehatan bagi Bayi dan Balita

Berikut Peran Orang Tua dalam Membentuk Kesehatan bagi Bayi dan Balita

Orang tua sendiri harus memperhatikan kebersihan pribadi dan mengajari untuk melakukan kesehatan, baik di rumah maupun di jalan:

  1. Cuci tangan Anda setelah kembali ke rumah.
  2. Cuci tangan dengan sabun sebelum makan.
  3. Jangan makan di jalan.
  4. Lap tangan Anda sesering mungkin dengan tisu basah.
  5. Potong kuku Anda secara teratur.
  6. Cuci mainan Bayi dan balita dan barang-barang rumah tangga secara teratur dengan sabun.
  7. Cuci buah-buahan di bawah air mengalir.
  8. Beli produk hanya di tempat-tempat di mana perdagangan diperbolehkan, di mana peralatan pendingin tersedia.
  9. Jika Anda lupa memasukkan makanan ke dalam lemari es, Anda tidak bisa lagi memberikannya kepada Bayi dan balita.
  10. Jaga kebersihan dapur.
  11. Jangan makan telur mentah.
  12. Lindungi produk dari lalat.
  13. Jangan menyimpan makanan mentah dan dimasak bersama-sama.
  14. Untuk minum, gunakan hanya air murni atau air matang.
  15. Membersihkan rumah lebih sering dengan menggunakan larutan desinfektan.

Pembentukan Kesehatan bagi Bayi dan Balita

Tugas membentuk gaya hidup sehat dipahami sebagai mengikuti aturan dan norma sederhana yang berkontribusi pada pelestarian dan peningkatan kesehatan dan ada sejumlah faktor yang memiliki dampak langsung dan tidak langsung terhadap kesehatan manusia.

1. Faktor positif

  1. Diet seimbang;
  2. Pendidikan jasmani dan olahraga;
  3. Ketaatan pada jam istirahat;
  4. Hubungan yang baik dengan orang lain.

2. Faktor negatif

  1. Merokok, alkohol, obat-obatan;
  2. Ketegangan emosional dan mental, stres;
  3. Lingkungan yang tidak menguntungkan.

Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi keadaan kesehatan adalah tugas utama membentuk Kesehatan bagi Bayi dan Balita.

3. Pendidikan jasmani dan olahraga

Diketahui bahwa bahkan orang yang sehat dan muda, jika dia tidak terlatih menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan tidak mengikuti pendidikan jasmani atau olahraga, dengan aktivitas fisik sekecil apa pun, pernapasan menjadi lebih cepat, detak jantung muncul.

Setiap aktivitas fisik yang teratur memperkuat kerangka, sistem kardiovaskular dan pernapasan, serta memiliki efek menguntungkan pada sistem saraf. Oleh sebab itu olahraga rutin adalah hal yang wajib bagi setiap orang yang menganut gaya hidup sehat.

4. Makanan Sehat

Makanan sangat penting pada masa Bayi dan balita, ketika tubuh tumbuh dan berkembang dan kekurangan zat-zat penting menyebabkan ketidakseimbangan dalam perkembangannya. Malnutrisi adalah jalan langsung untuk memperpendek harapan hidup dan Kesehatan bagi Bayi dan Balita yang buruk.